cover
Contact Name
Noor Hasanah
Contact Email
enhasanah@uin-antasari.ac.id
Phone
+6281255123605
Journal Mail Official
enhasanah@uin-antasari.ac.id
Editorial Address
https://jurnal.uin-antasari.ac.id/index.php/tiftk/about/editorialTeam
Location
Kota banjarbaru,
Kalimantan selatan
INDONESIA
Tarbiyah Islamiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam
ISSN : 2579714X     EISSN : 28295919     DOI : -
Jurnal Tarbiyah Islamiyah adalah jurnal yang memuat artikel Pendidikan Agama Islam baiak berupa hasil penelitian atau hasil kajian tentang Pendidikan Agama Islam dan kajian Agama Islam umum
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 1 (2014): Juni" : 6 Documents clear
VARIASI METODE MENGAJAR GURU DALAM MENUMBUHKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MTs NI’MATUL AZIZ KABUPATEN BARITO KUALA Muhammad Daud Yahya
Tarbiyah Islamiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam Vol 4, No 1 (2014): Juni
Publisher : UIN Antasari Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (263.199 KB) | DOI: 10.18592/jtipai.v4i1.1838

Abstract

Minat belajar siswa dengan bervariasinya metode pembelajaran yang digunakan guru Akidah Akhlak sangat baik hal tersebut dapat dilihat dari indikator minat: 1) kesukaan siswa ditunjukkan dengan bergairah dan bermuka cerah saat pembelajaran berlangsung, 2) ketertarikan siswa ditunjukkan dengan perhatian dan konsentrasi saat mengikuti mata pelajaran, tidak bercanda dengan teman di kelas, 3) perhatian siswa ditunjukkan dengan selalu mengikutinya saat pembelajaran di kelas dengan bervariasinya metode mengajar yang digunakan guru. Siswa selalu mengerjakan tugas yang diberikan guru dan mengumpulnya, 4) keterlibatan siswa ditunjukkan dengan sering bertanya bahkan saling berebut untuk bertanya mengenai materi yang disampaikan. Siswa selalu hadir di dalam kelas jika bel tanda masuk kelas sudah berbunyi tidak ada lagi yang di luar kelas. Kata Kunci: Variasi, Metode Mengajar, dan Minat
PENERAPAN METODE HAFALAN SURAH-SURAH PENDEK PADA SISWA SDN SIDOMULYO 2 KECAMATAN WANARAYA KABUPATEN BATOLA Abd. Basir
Tarbiyah Islamiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam Vol 4, No 1 (2014): Juni
Publisher : UIN Antasari Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (293.375 KB) | DOI: 10.18592/jtipai.v4i1.1839

Abstract

Metode hafalan adalah suatu cara membaca, melafalkan tanpa melihat buku catatan atau buku paket yang digunakan oleh guru dalam pembelajaran. Metode hafalan ini sering digunakan dalam pembelajaran PAI untuk menghafalkan ayat-ayat alquran. Faktor yang mempengaruhi adalah materi pengajaran, tujuan pembelajaran serta kelebihan dan kekurangan metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siswa SDN Sidomulyo 2 menerapkan metode hafalan dengan metode bin-nazhar, tahfizh, talaqqi, taqrir, tasmi’, wahdah, kitabah, jama’ dan muraja’ah. Faktor-faktor yang mempengaruhi yaitu tujuan intruksional khusus, siswa yang meliputi minat, motivasi dan kematangannya, materi pengajaran, situasi, fasilitas, guru, kelebihan dan kekurangan metode, keluarga, dan alokasi waktu.  Kata Kunci: Metode, Hafalan, dan Surah Pendek
INTENSITAS PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK DALAM MENINGKATKAN PEMBINAAN PERILAKU SISWA DI MTsN 2 GAMBUT Suriagiri Suriagiri
Tarbiyah Islamiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam Vol 4, No 1 (2014): Juni
Publisher : UIN Antasari Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (243.159 KB) | DOI: 10.18592/jtipai.v4i1.1841

Abstract

Intensitas pembelajaran aqidah akhlak dalam meningkatkan pembinaan perilaku siswa dilakukan guru melalui pendekatan dan langkah-langkah dengan memberikan contoh yang teladan, membiasakan, menegakkan disiplin, memberikan dorongan dan motivasi, memberikan hadiah, menghukum, penciptaan suasana yang berpengaruh bagi pertumbuhan positif Serta faktor yang mempengaruhi intensitas pembelajaran aqidah akhlak dalam meningkatkan pembinaan perilaku siswa di MTsN 2 Gambut. Hasil penelitian bahwa  intensitas pembelajaran aqidah akhlak dalam meningkatkan pembinaan perilaku siswa di MTsN 2 Gambut yang dilakukan guru melalui pendekatan dan langkah-langkah dengan memberikan contoh yang teladan, membiasakan, menegakkan disiplin, memberikan dorongan dan motivasi, memberikan hadiah, menghukum, penciptaan suasana yang berpengaruh bagi pertumbuhan positif. Dari hasil penelitian tersebut dapat dikatakan cukup baik. Kata Kunci: Pembelajaran, Pembinaan, dan Perilaku Siswa
PELAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF MATA PELAJARAN PAI DI MAN 2 KANDANGAN Masyithah Masyithah
Tarbiyah Islamiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam Vol 4, No 1 (2014): Juni
Publisher : UIN Antasari Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (259.884 KB) | DOI: 10.18592/jtipai.v4i1.1842

Abstract

Pelaksanaan model pembelajaran kooperatif mata pelajaran PAI di MAN 2 Kandangan adalah sebagai berikut: 1) Jenis metode pembelajaran kooperatif mata pelajaran PAI yang digunakan adalah jenis metode Make a Match dan STAD. 2) Pelaksanaan Model Pembelajaran Kooperatif Mata Pelajaran PAIdi MAN 2 Kandangan terdiri dari: a) Perencanaan, guru selalu menyusunsilabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran setiap sebelum pembelajaran berlangsung. b) Guru PAI telah mengimplemetasikan pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif jenis Make a Match pada kelas X dan STAD pada kelas XI dan XII dengan sangat baik, yakni 87%, 93% dan 93% dari kegiatan pembelajaran telah dilaksanakan dengan baik. c) Persentase keaktifan siswa adalah 57%, 74% dan 83% dan termasuk dalam kategori baik. Kata Kunci: Model, Pembelajaran da Kooperatif
STRATEGI PENGENALAN DAN PENANAMAN NILAI-NILAI AKHLAK PADA ANAK USIA DINI DI KELOMPOK BERMAIN ISLAM TERPADU QURRATA A’YUN DESA PARINCAHAN KECAMATAN KANDANGAN KABUPATEN HULU SUNGAI SELATAN Rusdiana Hamid
Tarbiyah Islamiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam Vol 4, No 1 (2014): Juni
Publisher : UIN Antasari Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (275.541 KB) | DOI: 10.18592/jtipai.v4i1.1836

Abstract

Strategi dalam pengenalan dan penanaman nilai-nilai akhlak pada anak usia dini yang ada di Lembaga Kelompok bermain Islam Terpadu Qurrata A’yun berjalan dengan baik, hal ini terlihat pada perencanaan berupa rencana kegiatan harian (RKH) yang dibuat oleh guru-guru di Kelompok Bermain Islam Terpadu Qurrata A’yun yang mencantumkan nilai karakter yang ingin dicapai. Pada Pelaksanaan pembelajarannya mengintegrasikan nilai-nilai akhlak ke dalam kegiatan pembelajaran dengan berbagai metode dan media yang disesuaikan dengan tema dan sentra yang ditempati serta sesuai dengan anak usia dini. Adapun pada evaluasi dalam pembelajarannya guru melakukannya dengan objektif dan penilaian langsung dilakukan pada saat kegiatan berlangsung dengan mengisi lembar penilaian harian serta bekerjasama dengan orang tua siswa sehingga perkembangan anak dapat dilihat lebih maksimal. Kata Kunci: Pengenalan, Penanaman dan Nilai-nilai Akhlak
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA LUAR BIASA DHARMA WANITA PROVINSI KALIMANTAN SELATAN Suraijiah Suraijiah
Tarbiyah Islamiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam Vol 4, No 1 (2014): Juni
Publisher : UIN Antasari Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (250.966 KB) | DOI: 10.18592/jtipai.v4i1.1837

Abstract

Sistem Pembelajaran di SMPLB Dharma Wanita Provinsi Kalimantan Selatan terlaksana dengan cukup baik yaitu: dari segi perencanaan yang meliputi kegiatan pembuatan silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dapat dikatakan guru sangat jarang sekali terlibat dalam pembuatan atau pengolahan kedua kegiatan tersebut secara khusus seperti pada umumnya, oleh karena itu guru menggunakan teknik tersendiri dalam hal pada saat memasuki proses kegiatan belajar dan mengajar tersebut. Dapat pula diketahui pelaksanaan tanpa perencanaan akan berjalan sia-sia sehingga tujuan yang ingin dicapai tidak sesuai dengan yang diharapkan. Kata Kunci: Pelaksanaan, Pembelajaran, dan SMPLB

Page 1 of 1 | Total Record : 6